Google Translate

News Update :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Minggu, 25 Desember 2011

Nama Sekolah : SMK Ma’arif NU 1 Purbolinggo

Mata Pelajaran : Akuntansi

Kelas / Semester : I / 1

Pertemuan Ke : 1

Alokasi Waktu : 4 x 45 Menit

Standar Kompetensi : Persamaan Dasar Akuntansi

Kompetensi Dasar : Memahami Dasar – Dasar Akuntansi

I. Tujuan Pembelajaran :

a. Pengertian akuntansi dijelaskan dengan benar.

b. Sepesialisasi dalam akuntansi teridentifikasi.

c. Tugas –tugas dalam akuntansi terdiskripsikan.

d. Pihak –pihak yang membutuhkan informasi akuntansi teridentifikasi.

II. Materi Ajar :

a. Pengertian Akuntansi

b. Spesialisasi dalam bidang akuntansi

c. Tugas – tugas dalam bidang akuntansi

d. Pihak –pihak yang membutuhkan informasi akuntansi.

III. Metode Pembelajaran :

a. Metode pemberian tugas

b. Metode diskusi

c. Metode Tanya Jawab

IV. Langkah –langkah Pembelajaran :

A. Kegiatan Awal : Mencari materi ajar dari berbagai sumber, membaca

dan mempelajarinya.

B. Kegiatan Inti : Melakukan diskusi dan Tanya jawab.

C. Kegiatan Akhir : Membuat rangkuman .

V. Alat / Bahan / Sumber Belajar :

Pengantar Akuntansi.

Sistem Akuntansi.

Buku – buku akuntansi yang relevan.

VI. Penilaian :
Tes tertulis.

Hasil Pengamatan.

Hasil Diskusi dan Rangkuman.

=================================

Nama Sekolah : SMK Ma’arif NU 1 Purbolinggo

Mata Pelajaran : Akuntansi

Kelas / Semester : I / 1

Pertemuan Ke : 2

Alokasi Waktu : 8 x 45 Menit

Standar Kompetensi : Persamaan Dasar Akuntansi

Kompetensi Dasar : Mencatat transaksi dalam Persamaan Dasar

Akuntansi.

I. Tujuan Pembelajaran :
a. Transaksi keuangan dapat teridentifikasi.

b. Bentuk –bentuk Persamaan Dasar Akuntansi

dapat diidentifikasi.

c. Transaksi dibukukan dalam PDA.

II. Materi Ajar :
a. Menyebutkan unsur- unsur laporan keuangan.

b. Menjelasakan pengertian dan penggunaan PDA.

c. Menjelaskan pengertian Harta ,Utang dan Modal.

d. Mengidentifikasikan Bentuk –bentuk PDA.

e. Mencatat transaksi dalam PDA.

III. Metode Pembelajaran :
a. Metode pemberian tugas

b. Metode diskusi

c. Metode Tanya Jawab

IV. Langkah –langkah Pembelajaran :

A. Kegiatan Awal : Membaca unsur – unsur laporan keuangan, penger- tian dan penggunaan PDA.

Membaca pengertian Harta , Utang dan Modal.

B. Kegiatan Inti : Menjelaskan cara mencatat transaksi dalam PDA.

C. Kegiatan Akhir : Melakukan pencatatan transaksi dalam PDA..

V. Alat / Bahan / Sumber Belajar :

- Pengantar Akuntansi.

- Sistem Akuntansi.

- Buku – buku akuntansi yang relevan.

- Bagan PDA

- Bukti – bukti transaksi.

VI. Penilaian :

Tes tertulis.

Hasil Pengamatan.

Tes Praktek.

===================================

Nama Sekolah : SMK Ma’arif NU 1 Purbolinggo

Mata Pelajaran : Akuntansi

Kelas / Semester : I / 1

Pertemuan Ke : 3

Alokasi Waktu : 8 x 45 Menit

Standar Kompetensi : Persamaan Dasar Akuntansi

Kompetensi Dasar : Menyusun Laporan Keuangan dari Persamaan

Dasar Akuntansi..

I. Tujuan Pembelajaran :

a. Harta, Utang dan Modal telah dikelompokkan.

b. Laporan Keuangan tersusun..

.II. Materi Ajar : Menyusun Laporan Keuangan.

III. Metode Pembelajaran :

a. Metode pemberian tugas

b. Metode diskusi

c. Metode Tanya Jawab

IV. Langkah –langkah Pembelajaran :

A. Kegiatan Awal : Menyusun Persamaan Dasar Akuntansi.

B. Kegiatan Inti : Menjelaskan cara menyusun laporan keuangan Dari Persamanan Dasar Akuntansi yang sudah tersusun.

C. Kegiatan Akhir : Menyusun laporan keuangan.

V. Alat / Bahan / Sumber Belajar :

- Pengantar Akuntansi.

- Sistem Akuntansi.

- Buku – buku akuntansi yang relevan.

- Bagan Laporan Keuangan.

- Bukti – bukti transaksi.

VI. Penilaian :
Tes tertulis.

Hasil Pengamatan.

Tes Praktek.

=========================================

Nama Sekolah : SMK Ma’arif NU 1 Purbolinggo

Mata Pelajaran : Akuntansi

Kelas / Semester : I / 1

Pertemuan Ke : 4

Alokasi Waktu : 3 x 45 Menit

Standar Kompetensi : Mengelola Bukti Transaksi.

Kompetensi Dasar : Menyiapkan bukri transaksi keuangan.

I. Tujuan Pembelajaran :
a. Peralatan yang dibutuhkan untuk penyiapan

Transaksi tersedia.

b. Bukti transaksi keuangan yang diperlukan tersedia.


II. Materi Ajar :
a. Menyebutkan peralatan yang dibutuhkan untuk

menyiapkan bukti –bukti transaksi.

b.Mengelompokkan bukti –bukti transaksi.



III. Metode Pembelajaran : a. Metode pemberian tugas

b. Metode diskusi

c. Metode Tanya Jawab



IV. Langkah –langkah Pembelajaran :

A. Kegiatan Awal : Mengidentifikasi peralatan yang dibutuhkan untuk

meyiapkan bukti –bukti transaksi.

B. Kegiatan Inti : Membaca dan mendiskusikan mamfaat dan

fungsi bukti –bukti transaksi.

C. Kegiatan Akhir : Mengelompokkan bukti –bukti transaksi..





V. Alat / Bahan / Sumber Belajar : - Pengantar Akuntansi.

- Sistem Akuntansi.

- Buku – buku akuntansi yang relevan.

- Bukti – bukti transaksi.

- Map file.



VI. Penilaian : Tes tertulis.

Hasil Pengamatan.

Tes Praktek.
Share this Article on :

0 komentar:

Poskan Komentar

 

© Copyright Fajar 26 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.