Nama Sekolah : SMK Ma’arif NU 1 Purbolinggo
Mata Pelajaran : Akuntansi
Kelas / Semester : I / 1
Pertemuan Ke : 1
Alokasi Waktu : 4 x 45 Menit
Standar Kompetensi : Persamaan Dasar Akuntansi
Kompetensi Dasar : Memahami Dasar – Dasar Akuntansi
I. Tujuan Pembelajaran :
a. Pengertian akuntansi dijelaskan dengan benar.
b. Sepesialisasi dalam akuntansi teridentifikasi.
c. Tugas –tugas dalam akuntansi terdiskripsikan.
d. Pihak –pihak yang membutuhkan informasi akuntansi teridentifikasi.
II. Materi Ajar :
a. Pengertian Akuntansi
b. Spesialisasi dalam bidang akuntansi
c. Tugas – tugas dalam bidang akuntansi
d. Pihak –pihak yang membutuhkan informasi akuntansi.
III. Metode Pembelajaran :
a. Metode pemberian tugas
b. Metode diskusi
c. Metode Tanya Jawab
IV. Langkah –langkah Pembelajaran :
A. Kegiatan Awal : Mencari materi ajar dari berbagai sumber, membaca
dan mempelajarinya.
B. Kegiatan Inti : Melakukan diskusi dan Tanya jawab.
C. Kegiatan Akhir : Membuat rangkuman .
V. Alat / Bahan / Sumber Belajar :
Pengantar Akuntansi.
Sistem Akuntansi.
Buku – buku akuntansi yang relevan.
VI. Penilaian :
Tes tertulis.
Hasil Pengamatan.
Hasil Diskusi dan Rangkuman.
=================================
Nama Sekolah : SMK Ma’arif NU 1 Purbolinggo
Mata Pelajaran : Akuntansi
Kelas / Semester : I / 1
Pertemuan Ke : 2
Alokasi Waktu : 8 x 45 Menit
Standar Kompetensi : Persamaan Dasar Akuntansi
Kompetensi Dasar : Mencatat transaksi dalam Persamaan Dasar
Akuntansi.
I. Tujuan Pembelajaran :
a. Transaksi keuangan dapat teridentifikasi.
b. Bentuk –bentuk Persamaan Dasar Akuntansi
dapat diidentifikasi.
c. Transaksi dibukukan dalam PDA.
II. Materi Ajar :
a. Menyebutkan unsur- unsur laporan keuangan.
b. Menjelasakan pengertian dan penggunaan PDA.
c. Menjelaskan pengertian Harta ,Utang dan Modal.
d. Mengidentifikasikan Bentuk –bentuk PDA.
e. Mencatat transaksi dalam PDA.
III. Metode Pembelajaran :
a. Metode pemberian tugas
b. Metode diskusi
c. Metode Tanya Jawab
IV. Langkah –langkah Pembelajaran :
A. Kegiatan Awal : Membaca unsur – unsur laporan keuangan, penger- tian dan penggunaan PDA.
Membaca pengertian Harta , Utang dan Modal.
B. Kegiatan Inti : Menjelaskan cara mencatat transaksi dalam PDA.
C. Kegiatan Akhir : Melakukan pencatatan transaksi dalam PDA..
V. Alat / Bahan / Sumber Belajar :
- Pengantar Akuntansi.
- Sistem Akuntansi.
- Buku – buku akuntansi yang relevan.
- Bagan PDA
- Bukti – bukti transaksi.
VI. Penilaian :
Tes tertulis.
Hasil Pengamatan.
Tes Praktek.
===================================
Nama Sekolah : SMK Ma’arif NU 1 Purbolinggo
Mata Pelajaran : Akuntansi
Kelas / Semester : I / 1
Pertemuan Ke : 3
Alokasi Waktu : 8 x 45 Menit
Standar Kompetensi : Persamaan Dasar Akuntansi
Kompetensi Dasar : Menyusun Laporan Keuangan dari Persamaan
Dasar Akuntansi..
I. Tujuan Pembelajaran :
a. Harta, Utang dan Modal telah dikelompokkan.
b. Laporan Keuangan tersusun..
.II. Materi Ajar : Menyusun Laporan Keuangan.
III. Metode Pembelajaran :
a. Metode pemberian tugas
b. Metode diskusi
c. Metode Tanya Jawab
IV. Langkah –langkah Pembelajaran :
A. Kegiatan Awal : Menyusun Persamaan Dasar Akuntansi.
B. Kegiatan Inti : Menjelaskan cara menyusun laporan keuangan Dari Persamanan Dasar Akuntansi yang sudah tersusun.
C. Kegiatan Akhir : Menyusun laporan keuangan.
V. Alat / Bahan / Sumber Belajar :
- Pengantar Akuntansi.
- Sistem Akuntansi.
- Buku – buku akuntansi yang relevan.
- Bagan Laporan Keuangan.
- Bukti – bukti transaksi.
VI. Penilaian :
Tes tertulis.
Hasil Pengamatan.
Tes Praktek.
=========================================
Nama Sekolah : SMK Ma’arif NU 1 Purbolinggo
Mata Pelajaran : Akuntansi
Kelas / Semester : I / 1
Pertemuan Ke : 4
Alokasi Waktu : 3 x 45 Menit
Standar Kompetensi : Mengelola Bukti Transaksi.
Kompetensi Dasar : Menyiapkan bukri transaksi keuangan.
I. Tujuan Pembelajaran :
a. Peralatan yang dibutuhkan untuk penyiapan
Transaksi tersedia.
b. Bukti transaksi keuangan yang diperlukan tersedia.
II. Materi Ajar :
a. Menyebutkan peralatan yang dibutuhkan untuk
menyiapkan bukti –bukti transaksi.
b.Mengelompokkan bukti –bukti transaksi.
III. Metode Pembelajaran : a. Metode pemberian tugas
b. Metode diskusi
c. Metode Tanya Jawab
IV. Langkah –langkah Pembelajaran :
A. Kegiatan Awal : Mengidentifikasi peralatan yang dibutuhkan untuk
meyiapkan bukti –bukti transaksi.
B. Kegiatan Inti : Membaca dan mendiskusikan mamfaat dan
fungsi bukti –bukti transaksi.
C. Kegiatan Akhir : Mengelompokkan bukti –bukti transaksi..
V. Alat / Bahan / Sumber Belajar : - Pengantar Akuntansi.
- Sistem Akuntansi.
- Buku – buku akuntansi yang relevan.
- Bukti – bukti transaksi.
- Map file.
VI. Penilaian : Tes tertulis.
Hasil Pengamatan.
Tes Praktek.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Minggu, 25 Desember 2011
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar