Google Translate

News Update :

Jawaban Soal Mid semester Akuntansi Manajemen FKIP Ekonomi Akuntansi UMS

Kamis, 17 November 2011

3. Penjelasan terhadap JIT, PR, TQM, dan TC
 
Dalam pengertian luas, JIT adalah suatu filosofi tepat waktu yang memusatkan pada aktivitas yang diperlukan oleh segmen-segmen internal lainnya dalam suatu organisasi.
TQM adalah pendekatan berorientasi pelanggan yang memperkenalkan perubahan manajemen yang sistematik dan perbaikan terus menerus terhadap proses, produk dan pelayanan suatu organisasi. 
Reengineering atau rekayasa ulang adalah perancangan ulang secara pada proses bisnis yang berjalan saat ini dengan penekanan pada pengurangan biaya dan waktu siklus agar terjadi peningkatan kepuasan pelanggan. Rakayasa ulang sangat mungkin dilakukan karena kebanyakan dalam organisasi terdapat sekat-sekat departemen dan unit kerja, tidak ada kepemilikan proses secara individu, dan kadang diluar kendali. Akibat hal-hal tersebut, biaya dan waktu siklus menjadi buruk dan berakibat pada rendahnya kepuasan pelanggan. Dengan demikian, rekayasa ulang akan menjadi solusi yang saling menguntungkan antara organisasi dan pelanggan. 
TOC adalah suatu filosofi manajemen yang membantu sebuah perusahaan dalam meningkatkan keuntungan dengan memaksimalkan produksinya dan meminimalisasi semua ongkos atau biaya yang relevan seperti biaya simpan, biaya langsung, biaya tidak langsung, dan biaya modal.


4. PERBEDAAN, PERSAMAAN, DAN MANFAAT
Manfaat Tipe Informasi Akuntansi Manajemen

1.      Informasi Akuntansi Penuh (Full Accounting Information)
Informasi akuntansi penuh mencakup informasi masa lalu maupun informasi masa yang akan datang ,mencakup informasi aktiva ( Full Asset Information) , pendapatan  ( Full Revenue Information )dan biaya.( Full cost Information)
Informasi akuntansi penuh masa lalu bermanfaat untuk :
a.       Pelaporan informasi keuangan kepada manajemen puncak dan pihak luar    perusahaan
b.      Analisa untuk kemampuan menghasilkan laba
c.       Penentuan harga jual dalam  cost type contrak,
d.      Jawaban atas pertanyaan “ berapa biaya yang telah dikeluarkanuntuk sesuatu”
Informasi penuh masa yang akan datang bermanfaat untuk :
a.       Penyusunan program
b.      Penentuan harga jual normal
c.       Penentuan harga transfer
d.      Penentuan harga jual yang diatur dengan peraturan pemerintah
2.   Informasi Akuntansi Diferensial ( Differential Accounting Information )
Informasi akuntansi diferensial merupakan taksiran perbedaan aktiva, pendapatan dan biaya dalam alternatif tindakan tertentu dibandingkan dengan alternatif tindakan lain.
Informasi akunrtansi diferensial terdiri dari aktiva, pendapatan dan biaya. Informasi akuntansi diferensial yang hanya bersangkutan dengan biaya disebut biaya differensial ( differential costs )
Informasi akuntansi diferensial yang hanya bersangkutan dengan pendapatan disebut pendapatan differensial ( differential revenues )
Informasi akuntansi diferensial yang hanya bersangkutan dengan aktiva disebut aktiva differensial ( differential Assets )

Informasi Akuntansi Diferensial mempunyai dua unsur pokok:
b.                  Informasi masa yang akan datang dan berbeda diantara alternatif tindakan yang dihadapi oleh pengambil keputusan.
Informasi ini bermanfaat oleh manajemen dalam pengambilan keputusan mengenai pemilihan alternatif tindakan yang terbaik diantara alternatif-alternatif yang tersedia.
c.                   Informasi akuntansi yang bermanfaat adalah informasi akuntansi yang berbeda diantara tiap-tiap alternatif yang akan dipilih.

3.   Informasi Akuntansi Pertanggungjawaban ( Responsibility Accounting Information )
Informasi akuntansi pertanggungjawaban merupakan informasi aktiva, pendapatan, dan biaya yang dihubungkan dengan manajer yang bertanggungjawab atas pusat pertanggungjawaban tertentu.

Manfaat Informasi akuntansi pertanggungjawaban dimasa yang akan datang
Untuk penyusunan anggaran: setiap manajer dalam organisasi merencanakan aktiva,pendapatan dan biaya yang menjadi tanggungjawabnya dibawah koordinasi manajemen puncak.

Manfaat Informasi akuntansi pertanggungjawaban dimasa lalu :
a.       Untuk menganalisis kinerja manajer
b.      Untuk memotivasi para manajer dalam melaksanakan rencana yang dituangkan dalam anggaran.

nformasi akuntansi penuh (full accounting information) dapat mencakup informasi masa lalu maupun informasi masa yang akan datang. Informasi akuntansi penuh yang berisi informasi masa yang lalu bermanfaat untuk pelaporan informasi keuangan kepada manajemen puncak dan pihak luar perusahaan, analisis kemampuan untuk menghasilkan laba, mengetahui biaya yang telah dikeluarkan untuk suatu kegiatan, fdan penentuan harga jual dalam cost-type contract. Informasi akuntansi penuh yang berisi informasi masa yang akan datang bermanfaat untuk penyusunan program, penentuan harga jual normal, penetuan harga transfer, dan penentuan harga jual yang diatur dengan peraturan pemerintah.
Informasi akuntansi diferensial (differential accounting information) merupakan taksiran perbedaan aktiva, pendapatan dan biaya dalam alternatif tindakan tertentu dibandingkan dengan alternatif tindakan yang lain. Informasi akuntansi diferensial mempunyai dua unsur pokok yaitu merupakan informasi masa yang akan datang dan berbeda di antara alternatif yang dihadapi oleh pengambil keputusan. Informasi ini diperlukan oleh manajemen untuk pengambilan keputusan mengenai pemilihan alternatif tindakan yang terbaik di antara alternatif yang tersedia.
Informasi akuntansi pertanggungjawaban (responsibility accounting information) merupakan informasi aktiva, pendapatan dan biaya yang dihubungkan dengan manajer yang bertanggungjawab atas pusat pertanggungjawaban tertentu. Informasi ini dapat dijadikan dasar untuk menganalisis kinerja manajer dan sekaligus untuk memotivasi para manajer dalam melaksanakan rencana mereka yang dituangkan dalam anggaran mereka masing-masing. Informasi akuntansi pertanggungjawaban menekankan hubungan antara informasi keuangan dengan manajer yang bertanggungjawab terhadap perencanaan dan pelaksanaannya sehingga informasi ini merupakan informasi yang sangat penting dalam proses pengendalian manajemen.







5. KONSEP PENDAPATAN, BIAYA DIFERENSIAL, OPPORTUNITY COST, SUNK COST

(i)  Sunk cost
Biaya historis atau disebut juga sunk costs adalah biaya yang terjadi di masa lalu dimana tidak ada yang dapat mengubah apa yang telah dikeluarkan maupun apa yang telah terjadi.  Oleh karena itu, biaya historis merupakan informasi yang TIDAK RELEVAN dalam pembuatan keputusan.
(ii)  Opportunity cost
Biaya kesempatan adalah kontribusi dari sebuah aktivitas pendapatan yang hilang karena tidak digunakannya suatu sumber daya terbatas dalam penggunaan alternatif terbaik selanjutnya.  Penghitungan atas biaya kesempatan ini dapat digunakan untuk mengukur efisiensi dari suatu alternatif keputusan yang diambil.  Besarnya biaya relevan merupakan akumulasi dari biaya tambahan yang ada untuk suatu pilihan alternatif dengan biaya kesempatan yang timbul dari dipilihnya alternatif keputusan tersebut.
(iv)  Differential cost (Revenue)
Biaya/pendapatan differensial adalah perbedaan antara total biaya/pendapatan dari dua alternatif yang berbeda.
Share this Article on :

0 komentar:

Poskan Komentar

 

© Copyright Fajar 26 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.